7 tempat wisata yang wajib di kunjungi di grobogan




  Halo sobat KOWARKEN.
Kerasnya tuntutan pekerjaan yang berlarut larut pasti membuat kita jenuh dan bosen terhadap pekerjaan tersebut. ada kalanya kita membutuhkan penyegaran dengan pergi ke tempat tempat di mana kita bisa menghilangkan beban pekerjaan kita sejenak. salah satunya adalah pergi ke tempat wisata

Sama seperti judul artikel saya  kali ini saya akan mengulas 7 destinasi tempat wisata di grobogan yang wajib di kunjungi untuk sekedar hunting photo atau bisa juga unuk mengisi hari libur kita.

1.Waduk Kedung Ombo


   Lokasi objek wisata Waduk Kedung Ombo terletak di Desa Rambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan kurang lebih 29 Km kearah selatan kota Purwodadi. Waduk ini merupakan salah satu bendungan terbesar yang pernah dibangun pada pemerintahan soeharto. Waduk yang mulai dibangun sekitar Tahun 1980, dan selesai pada Tahun 1991.
Kawasan Waduk Kedung Ombo mempunyai area seluas kurang lebih 6.576 Ha yang terdiri dari lahan perairan seluas 2.830 Ha dan lahan dataran seluas 3.746 Ha. Terdapat banyak pohon-pohon yang tumbuh di area waduk sehingga membuat suasana lebih asri dan rindang sehingga membuat para pengunjung betah disana.  
Selain disuguhi pemandangan nan indah, bagi pengunjung yang suka berlayar, disana juga disediakan jasa berpetualang atau memutari bendungan dengan perahu motor. Ditambah lagi terdapat area bermain anak yang asri dan rindang sehingga membuat anak-anak betah bermain disana.
Jika Anda penyuka ikan bakar atau hobi mengail ikan? Jangan khawatir, di Waduk Kedung Ombo juga tersedia tempat pemancingan sekaligus warung yang menjajakan aneka makanan olahan berbahan ikan. Begitu turun dari kendaraan di area parkir, aroma wangi ikan yang dibakar atau digoreng langsung menyergap, mengundang selera makan. 
Di kawasan Waduk Kedung Ombo, tepatnya di desa Ngargotirto, telah dibangun arena pacuan kuda dengan lintasan sepanjang 600 meter. Arena pacuan kuda yang diberi nama ‘Nyi Ageng Serang’ itu merupakan miniatur dari lapangan pacuan kuda Pulo Mas Jakarta. Pada bulan Desember 2006 silam di lokasi tersebut dilangsungkan kejuaraan pacuan kuda tingkat nasional memperebutkan piala Gubernur Jawa Tengah.
menarik bukan. jadi jangan merasa jadi orang grobogan kalau belum pernah mengunjungi tempat yg satu ini.

2.Beledug Kuwu

 

  Obyek wisata Bledug Kuwu ini berupa telaga lumpur hangat seluas kurang lebih 45 hektar, yang disebut Bledug Kuwu. Fenomena Bledug Kuwu ini adalah keluarnya air beserta lumpur dari endapan laut purba yang keluar karena tekanan air vertikal. Lumpur yang disemburkan Bledug Kuwu disertai asap putih yang membubung itu rata-rata mencapai ketinggian 3 meter. Namun pada saat-saat tertentu terjadi letupan keras yang mampu menyeburkan lumpur setinggi 10 meter hingga nampak demikian spektakuler. Letupan keras ini biasanya terjadi pagi buta ketika udara dingin atau saat cuaca mendung.
keindahan letupan lumpur ini lah yang menjadikannya daya tarik tersendiri pada tempat ini.
karena di sini kita bisa menikmati segarnya  es kelapa muda sambil mata kita di manjakan dengan fenomena semburan lumpur yang membumbung tinggi.
Obyek wisata ini terletak di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, 28 kilometer ke arah timur kota Purwodadi. Kawasan wisata yang secara geografis terletak di dataran rendah bersuhu 28-36° Celcius ini menyajikan letupan gelembung lumpur raksasa yang mengeluarkan percikan air dan garam. Adanya kandungan garam di tempat itu oleh masyarakat setempat dimanfaatkan untuk membuat garam secara tradisional dan sangat menarik untuk dinikmati.
 

3.Api Abadi Mrapen


    Objek wisata Api Mrapen ini terletak tidak jauh dari jalan raya Purwodadi-Semarang, berjarak kurang lebih 26 Km dari kota Purwodadi. Tepatnya terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabuptaten Grobogan. Di komplek ini terdapat beberapa keanehan alam yang dapat dinikmati yaitu Api Abadi; merupakan pesona yang timbul dari keluarnya api dari dalam tanah yang tidak pernah padam walaupun turun hujan. Dari tempat ini pula diambil api untuk penyalaan obor dalam kegiatan Pesta Olahraga Nasional (GANEPO I), PON maupun untuk upacara hari raya Waisak.

Sendang Dudo; sebuah sendang yang terletak di dekat api abadi, dimana airnya senantiasa kelihatan mendidih tetapi tidak panas. Letupan air itu akan menyala bila kena api. Disamping keanehan alam diatas, di komplek ini juga tersimpan sebuah Batu Umpak atau "Batu Bobot" yang oleh masyarakat setempat dikeramatkan. Setiap malam jum`at kliwon selalu ramai dikunjungi oleh para penziarah dengan maksud tertentu.


4.Ki Ageng Selo


    Makam Ki Ageng Selo teletak di Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo 10 km sebelah timur kota Purwodadi, Kabupaten Grobogan sebagai obyek wisata spiritual, makam Ki Ageng Selo ini sangat ramai dikunjungi oleh para peziarah pada malam jum'at, dengan tujuan untuk mencari berkah agar permohonannya dikabulkan oleh Tuhan YME. Ki Ageng Selo sendiri menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar khususnya atau masyarakat jawa umumnya, diakui memiliki kesaktian yang sangat luar biasa sampai-sampai dengan kesaktiannya ia dapat menangkap petir.

Ki Ageng Selo dipercaya oleh masyarakat jawa sebagai cikal bakal yang menurunkan raja-raja di tanah Jawa. Bahkan pemujaan kepada makam Ki Ageng Selo sampai sekarang masih ditradisikan oleh raja-raja Surakarta dan Yogyakarta. Sebelum Gerebeg Mulud, utusan dari Surakarta datang ke makam Ki Ageng Selo untuk mengambil api abadi yang selalu menyala di dalam makam tersebut. Begitu pula tradisi yang dilakukan oleh raja-raja Yogyakarta. Api dari sela dianggap sebagai api keramat.

5.Goa Macan

     Wisata Groboban yg satu ini sangatlah menarik perhatian. bawasaannya kita akan di suguhkan pemandangan yang indah. ya itu pembentukan alami dari stalakmit dan stalaktif yang menghiasi sepanjang lorong  Goa Macan dan Goa Lowo. Yah, di Grobogan memang terkenal akan pegunungan kapurnya yang besar. Dan dari situ juga banyak terjadi pembentukan Goa secara alami seperti Goa Macan dan Goa Lowo ini. Lokasi dari kedua goa ini memang berdekatan. Dan penamaanya pun diambil dari penguhuni goa tersebut. Namun untuk saat ini, macan yang diceritakan sudah tidak ada dilokasi dan tinggal namanya saja.
Lokasi : Dusun Watu Song, Desa Sedayu, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Grobogan.


6.Air Terjun Widuri

Air Terjun Widuri merupakan satu-satunya air terjun yang ada di Kabupaten Grobogan. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan wisata Grobogan yang satu ini masih sepi akan pengunjung. Namun dilain itu, pemandangan alam yang ada di sekitar lokasi masih terbilang alami dan asri.
derasnya air terjun di tengah rimbunnya pepohonan menjadikannya daya tarik tersendiri pada tempat yang satu ini.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar. Air Terjuan Widuri ini dulunya digunakan sebagai tempat pertemuan Joko Tarub dan seorang bidadari yang bernama Nawang Wulan. Yah, seperti yang diceritakan juga di dalam cerita rakyat.
Lokasi : Desa Batur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan.

7.Jati Pohon

    Jatipohon merupakan daerah di Grobogan yang lokasinya terdapat di daerah pegunungan. Udara yang sejuk dan pemandangan yang asri seringkali memikat pengendara yang melewati Jalan Purwodadi – Pati untuk berhenti.
Bukan hanya pemandangan yang asri saja, dilokasi ini juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati sebagai rest area seperti tempat pemancingan dan pondok makan lesehan, Taman, Kolam Renang dan Sumber Mata Air.
Lokasi : Jln. Purwodadi – Pati KM. 10, Desa Sumber Jatipohon, Grobogan
Tiket : Rp. 2.000

di sini kita bisa simpulkan bahwa GROBOGAN sebenarnya memiliki banyak potensi wisata alam yang sangat indah.
namun sayangnya minimya akses dan jarak tempuh membuat beberapa orang enggan untuk mengunjunginya.


0 Response to "7 tempat wisata yang wajib di kunjungi di grobogan"

Post a Comment