Inilah Manfaat Berbuka Bersama Dengan Teman Kita Saat Bulan Ramadhan



  Puasa ramadhan merupakan sebuah kuwajiban yang harus di jalankan bagi umat islam baik laki laki maupun perempuan.
terkecuali jika mendapatkan halangan yang mengakibatkan seseorang untuk tidak berpuasa seperti sakit atau datang bulan pada wanita boleh tidak menjalankan puasa. namun tetap harus menggantinya di lain waktu atau dengan membayar fidyah kepada fakir miskin.
karena dengan berpuasa kita bisa mensucikan diri dari segala dosa serta merta menjauhkan kita dari hawa nafsu sekaligus menjalankan perintah rukun iman yang ke empat yaitu berpuasa.

Pada bulan ramadhan kita di anjurkan untuk berlomba lomba berbuat kebaikan, karna apapun amal yang kita perbuat di bulan ramadhan ini konon katanya akan di lipat gandakan dua kali lipat bila di bandingkan pada bulan selain ramadhan.
dan hanya di bulan ramadhan kita bisa dengan mudah menemukan banyak pedagang dadakan yang menjajakan takjil berupa makanan dan minuman untuk berbuka  puasa di sepanjang jalan yang kita lewati.


     Sesuai dengan topik saya di atas saya akan menjelaskan "beberapa manfaat berbuka bersama (BUKBER) di bulan ramadhan seperti sekarang ini".
Adzan magrib merupakan salah satu momentum istimewa yang sangat berharga dan paling di tunggu tunggu di kalangan orang berpuasa. Karena Tidak ada waktu yang sangat berharga selain waktu maghrib di bulan puasa.
Ada tradisi baik yang patut dilestarikan yaitu buka bersama dalam rangka memperkuat tali shilaturrahim bersama keluarga atau organisasi terntentu
Adapun manfaat dari berbuka puasa bersama antara lain adalah sebagai berikut :

1. Mempererat Tali Silaturrahmi

 Akibat tuntutan pekerjaan yang mengharuskan kita bekerja sampai berlarut larut membuat kita tidak memiliki banyak waktu untuk mengobrol atau sekedar bertemu dengan para sahabat atau saudara kita.

Contohnya seperti saya yang notabennya seorang perantauan jarang memiliki kesempatan bertemu dengan para sahabat yang ada di kampung. hanya pada hari hari tertentu seperti puasa bulan ramadhan inilah kita bisa berkumpul bersama kembali dalam acara buka bersama.

Dan dari sini kita bisa tahu Salah satu manfaat yang dapat kita ambil  dari berbuka buasa bersama sahabat adalah untuk mempererat tali silaturrahmi.

2. Memperpanjang Umur

Dari Anas bin Malik ra bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa ingin dilapangkan baginya rezekinya dan dipanjangkan untuknya umurnya hendaknya ia melakukan silaturahim.” [HR. Bukhari dan Muslim


Dari hadits di atas kita juga bisa memaknai bahwa buka puasa bersama disamping memperpanjang umur juga memperbanyak rizki. Menurut ibn Mandzur rizki yang berkah bukan diukur dari seberapa banyak secara nominal, tetapi rizki yang banyak diukur dari seberapa manfaat yang di dapat dari jumlah rizki yang dimilikinya.

Secara historis entah kapan dimulainya ada tradisi buka bersama sehingga saat ini hampir setiap lembaga, organisasi atau instansi banyak yang membuat acara buka puasa bersama, mungkin saja acara ini hanya dipandang dari sudut manfaat kebersamaan yang diperoleh dan tidak perlu lagi dipertimbangan unsur historisnya. Yang pasti, hampir semua faham meng-amini tentang keberadaan buka bersama tersebut. baca juga amalan puasa yang banyak mendatangkan pahala di judul postingan

0 Response to "Inilah Manfaat Berbuka Bersama Dengan Teman Kita Saat Bulan Ramadhan"

Post a Comment